18
Jun
10

Melindungi dan Mengunci Komputer dengan Flashdisk


Informasi kali ini hampir sama, yaitu masih tentang keamanan komputer, tidak hanya melindungi dari anak-anak tapi juga untuk orang lain supaya tidak bisa mengakses komputer kita. Untuk melindungi komputer kali ini kita memanfaatkan flashdisk yang difungsikan sebagai anak kunci seperti kita mengunci pintu, dan software gratisan (freeware) Predator.

Cara kerja Predator ini sederhana, yaitu menyimpan file key di dalam flashdisk yang terpasang di komputer kita dan secara rutin melakukan check file key yang ada di dalam flashdisk tersebut, jika flashdisk dicabut otomatis Predator akan langsung mengunci komputer kita (keyboard dan mouse) dan jika kita pasang kembali flashdisk tersebut maka komputer kembali aktif.

Berikut ini informasi cara penggunaan Predator:

Setelah kita install Predator di komputer kita, selanjutnya kita jalankan aplikasi ini, sebelum masuk ke panel Preferences Predator kita akan diminta memasang flashdisk yang akan kita gunakan sebagai kunci.

Pada masuk ke panel Preferences, pada tab menu Main options kita perhatikan beberapa hal, untuk pilihan Monitoring, sebaiknya kita aktifkan pilihan Disable Autorun (jadi aplikasi Predator ini kita jalankan secara manual saja, jangan dijalankan bersama saat booting Windows).

Selanjutnya, masukkan password (1), dan langkah terakhir adalah pemasangan key ke dalam flashdisk dengan mengklik Create Key (2) (sebelumnya pastikan drive yang tertera sama dengan drive dimana flashdisk kita terpasang). Jika proses pemasangan key berhasil, maka akan tertera pesan Key creation complete, sebaliknya jika ada pesan error maka cek kembali flashdisk kita, jika perlu kita format ulang flashdisk-nya (kasus yang saya alami: saya selalu gagal saat create key, baru berhasil, setelah saya format ulang flashdisk-nya). File key yang dibuat di dalam flashdisk ada 2 buah yaitu autorun.inf dan Predator.ctl. Setelah file key berhasil kita buat, jangan lupa klik Ok, biasanya setelah ini Predator akan meminta restart aplikasi.

Sampai di sini proses setup Predator sudah selesai, untuk mengaktifkannya kita jalankan Predator (flashdisk dalam keadaan terpasang). Selama aplikasi Predator ini aktif maka akan terlihat ikon Predator pada system tray komputer kita, jika kita hover ikon tersebut akan terlihat durasi waktu Predator melakukan akses file yang ada di flashdisk.

Untuk mengunci komputer, yang kita lakukan cukup dengan mencabut flashdisk dan otomatis komputer kita akan terkunci dan layar monitor akan menjadi hitam (blank screen). Untuk membuka, kita pasang kembali flashdisk, dan komputer akan aktif kembali dengan posisi sama seperti saat kita kunci tadi.

Aplikasi Predator dapat didownload di Freeware dan Software Download.

Demikian informasi tentang keamanan komputer kali ini, semoga bermanfaat, selamat mencoba.

http://ariawijaya.com/2010/06/07/melindungi-dan-mengunci-komputer-dengan-flashdisk/


1 Response to “Melindungi dan Mengunci Komputer dengan Flashdisk”



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: